Sunday 30 September 2012

Sistem Perekonomian

  • Sistem perekonomian : sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksi. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. 
  •  Perekonomian terencana
  •  Perekonomian pasar
  •  Perekonomian pasar campuran
  1.   Perekonomian terencana : mempunyai 2 bentuk yaitu komunisme dan sosialisme.Menurut Karl Marx komunisme adalah sistem yang mengharuskan pemerintah memiliki dan menggunakan seluruh faktor produksi. Namun, kepemilikan pemerintah atas faktor-faktor produksi tersebut hanyalah sementara dan ketika perekonomian masyarakat baik/bagus, pemerintah harus memberikan hak atas faktor-faktor produksi itu kepada para buruh.
  2.  Perekonomian pasar : Perekonomian pasar bergantung pada Kapitalisme dan Liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan. Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.
  3.  Perekonomian pasar campuran (mixed market economies) : merupakan gabungan antara sistem perekonomian pasar dan terencana. tetapi menurut Griffin, di dunia ini tidak ada yang benar-benar melakukan sistem Perekonomian Pasar campuran.
  • perekonomian terencana (planned economies) : pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi.
  • perekonomian pasar (market economic) : pasar mengatur faktor produksi dan pendistribusian  barang dan jasa melalui permintaan dan penawaran.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_perekonomian

No comments:

Post a Comment