Thursday 4 July 2013

Keterkaitan Pengangguran dengan Kemiskinan...

Pengangguran dan Kemiskinan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, maksudnya dimana adanya pengangguran pasti berkaitan dengan kemiskinan.

Kemiskinan adalah sebuah fenomena multifaset, multidimensional, dan terpadu. Hidup miskin bukan hanya berarti hidup di dalam kondisi kekurangan sandang, pangan, dan papan. Hidup dalam kemiskinan seringkali juga berarti akses yang rendah terhadap berbagai ragam sumberdaya dan aset produktif yang sangat diperlukan untuk dapat memperoleh sarana pemenuhan kebutuhan-kebutuhan hidup yang paling dasar tersebut, antara lain: informasi, ilmu pengetahuan, teknologi dan kapital. Lebih dari itu, hidup dalam kemiskinan sering kali juga berarti hidup dalam alienasi, akses yang rendah terhadap kekuasaan, dan oleh karena itu pilihan-pilihan hidup yang sempit.
Pengangguran adalah seseorang yang tergolong angkatan kerja dan ingin mendapat pekerjaan tetapi belum dapat memperolehnya. Masalah pengangguran yang menyebabkan tingkat pendapatan nasional dan tingkat kemakmuran masyarakat tidak mencapai potensi maksimal yaitu masalah pokok makro ekonomi yang paling utama. 
Penyebab Pengangguran dan kemiskinan : 1) Pengangguran  terjadi karena jumlah lapangan kerja yang tersedia,lebih sedikit dibandingkan pencari kerja. 2) Adanya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan atau kompetensi pekerja tidak sesuai dengan lowongan,di pasar kerja.3) Adanya pemutusan hubungan kerja/ adanya krisis ekonomi di suatu daerah/negara.4) Tingkat Pendidikan seseorang. 5) dll.
Fenomena seperti ini pasti akan terus berlangsung , jika pemerintah tak segera mengatasinya. Seharusnya Pemerintah memberikan kesempatan kerja kepada para pencari kerja. Memang di negara kita pemerintah telah memberikan banyak solusi untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran, tapi banyak dari program-program itu tidak begitu berhasil. karena program-program kurang di ketahui oleh masyarakat.

Sumber : http://sulinhapisah.blogspot.com/2010/05/masalah-kemiskinan-dan-pengangguran.html

No comments:

Post a Comment