Thursday 4 July 2013

Seberapa Efektifkah BLSM untuk Rakyat dengan Kenaikan BBM ?


Seperti  yang sekarang kita ketahui, Dengan adanya kenaikan harga BBM bersubsidi di Negara kita ini, pasti akan berdampak pada kenaikan harga-harga di pasaran. Namun Dengan Kenaikan Harga BBM bersubsidi, pemerintah juga memberikan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) atau yang dulu bernama BLT. BLSM ini di berikan pemerintah kepada rakyat yang kurang mampu sebagai kompensasi dari kenaikan harga BBM,namun rasanya bukan hanya masyarakat kurang mampu, melainkan banyak juga orang yang tidak berhak mendapatkannya.

Dan Seberapa Efektifkah BLSM untuk Rakyat dengan Kenaikan BBM? 

Menurut saya, pemberian BLSM kepada rakyat kurang efektif karena :


  • Dengan Bantuan uang Tunai dari pemerintah yang jumlahnya terlalu sedikit, dengan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok di pasaran yang melonjak, uang itu saya kira tidak mencukupi.



  • Pemberian BLSM ini tidak tepat sasaran, masih banyak rakyat miskin tidak terdaftar sehingga mereka tidak bisa mendapatkan haknya,  tetapi ada orang yang tidak berhak mendapat bantuan ini ikut mengambil bantuan ini.


  • Dengan memberikan bantuan BLSM ini, membuat masyarakat menjadi tergantung terhadap bantuan pemerintah ini. Menjadikan masyarakat peminta dan hanya berharap kepada bantuan pemerintah.


Kesannya Kenaikan BBM dan pemberian BLSM ini tidak terprogram dengan baik,Seharusnya pemerintah mendirikan UKM, lapangan kerja, dll. Karena jumlah pengangguran di Negara kita ini banyak, sehingga nantinya kenaikan BBM tidak terlalu membuat rakyat kurang mampu tidak terlalu berat.

No comments:

Post a Comment