Wednesday 23 March 2016

Akuntansi Komparatif : Amerika dan Asia

LIMA SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN NASIONAL


Amerika Serikat

Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh badan khusus Dewan Standar Akuntansi Keuangan (Financial Accounting Standard Board-FASB) akan tetapi yang  menjadi penyokong kewenangan terhadap standarisasi mereka adlah agensi kepemerintahan Komisi Keamanan dan kurs (Security and Exchange Commission-CEC). Terdapat juga Institut Sertifikasi Ankuntansi Publik Amerika(American Institute of Certified Public Accountants-AICPA) sebagai badan khusus lainnya yang mengaudit standarisasi mereka. Bersamaan dengan AICPA ada juga Public Company Accounting Oversight Board (PCAOB) yang mempunyai wewenang untuk mengeluarkan ragulasi audit dan auditor perusahaan publik.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
 Sistem yang dianut Amerika Serikat tidak memiliki persyaratan legal untuk publikasi mengenai laporan audit periodik keuangan. Perusahaan di Amerika Serikat dibentuk dibawah hukumm Negara, bukan hukum federal. Setiap negara bagian memiliki peratuaran dasar perusahaan tersendiri, secara umum, peraturan tersebut mengandung persratan minima untuk menjaga catatan akuntansi serta publikasi ssecara periodik laporan keuangan.

Laporan Keuangan

Tipe Laporan Keuangan tahunan pada perusahaan AS memiliki beberapa komponen dibawah ini :
  1. Laporan Manajemen
  2. Laporan Auditor Independen
  3. Laporan Keuangan Primer (Laporan Laba rugi, neraca, laporan arus kas, laba rugi komperhensif, perubahan ekuitas)
  4. Diskusi Mnajemen dan Analisis hasil operasional dan kondisi keuangan.
  5. Penjelasan mngenai kebijakan akuntansi dengan dampaj=k yang paling kritis pada laporan keuangan.
  6. Catatan atas laporan keuangan
  7. Perbandingan data keuangan selama lima atau spuluh tahun
  8. Data triwulan terpilih
Patokan Akuntansi
Peraturan patokan akuntansi di Amerika Serikat berasumsi bahwa kesatuan bisnis akan terus berlangsung jika terus diperhatikan. Dasr perhitungan Akrual cukup meresap, serta peraturan transaksi dan pengenalan event bergantung pasa konsep yang cocok.
Penggabungan bisnis harus di hitung seperti sebuah pembelian. Goodwill dikapitalisasi sebagai selisih antara harga pasar yang dipertimbangkan dalam pertukaran dengan harga pasar di bawahaset bersih yang diperoleh termasuk semua aset tak berwujud.


Meksiko

Meksiko memiliki free market ekonomi yang sangat besar. Free market ini membantu mengurangi inflasi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta membawa dasar ekonomi yang lebih baik.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Mexican Commercial Code dan hukum pendapatan pajak mengandung persyaratan untuk menjaga kumpulan data pembukuan tertentu dan empersiapkan laporan keuangan, akan tetapi pengaruh mereka terhadap laporan keuangan secara umum tidaklah besar. Standarisasi Akuntansi dikeluarkan oleh Council for Research and Development of Financial Information Standards(Consejo Mexicano para ia Investigation y Dessarrollo de Normas de Information Financiera-CINIF). Sementara untuk proses standarisasi audit dikeluarkan oleh Mexican Institute of Public Accountants(Instituto Mexicano de Contanderos Publicos) melalui Auditing Standards and Procedure Commision.

Laporan Keuangan 
Laporan Keuangan di Meksiko harus disesuaikan dengan tingkat inflasi yang terjadi, dan harus meliputi :
  1. Neraca
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Laporan Perubahan Ekuitas Pemegang Saham
  4. Laporan Perubahan Posisi Keuangan
  5. Catatan
Patokan Akuntansi
  • Bisnis gabungan menggunakan metode pembelian
  • Goodwill merupakan kelebihan harga pembelian terhadap nilau sekarang aset bersih yang di dapatkan
  • Aset berwujud/tidak berwujud didepresiasi/amortisasi berdasarkan masa manfaatnya(biasanya tidak lebih dari 20 tahun)
  • Biaya penelitian dibebankan saat terjadinya, dan biaya pengembangan dikapitalisasi dan diamortisasi saat kemungkinan teknologi hadir
  • Sewa guna usah termasuk ke dalam fiancial lease atau operational lease
  • Kerugian bersyarat diakui ketika mungkin terjadi dan dapat di ukur
  • Cadangan tak terduga tidak dapat di terima oleh GAAP Meksiko
  • Pajak tangguhan disediakan dengan menggunakan metode kewajiban

Jepang

Pembukuan dan laporan keuangan di Jepang menggambarkan adanya percampuran dari pengaruh domestik dan internasional. Dua agensi pemerintahan yang terpisah memiliki tanggung jawab regulasi akuntansi dan terdapat pengaruh yang lebih jauh lagi dari undang-undang pajak pengahasilan perusahaan Jepang.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

Pemerintahan nasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Akuntansi Jepang. Regulasi akuntansi berdasarkan pada tiga badan hukum, yaitu:
  1. Undang-undang perusahaan (company law) diatur oleh Ministry of Justice (MOJ).
  2. Undang-undang pertukaran dan sekuritas (securities and exchange) di atur oleh Financial Service Agency (FSA).
  3. Undang-undang pajak penghasilan perusahaan (Corporate Income and Tax Law)

Laporan Keuangan

Perusahaan yang bergabung di bawah undang-undang perusahaan dibutuhkan untuk mempersiapkan laporan yang berwewenang untuk disetuji pada saat rapat para pemegang saham, yang isinya antara lain :
  1. Neraca
  2. Laporan Rugi Laba
  3. Laporan atas perubahan ekuitas pemegang saham
  4. Laporan Bisnis
  5. Jadwal terkait
Patokan Akuntansi

Undang-Undang perusahaan membutuhkan perusahaan besaruntuk mempersiapkan laporan keuangan gabungan. Sebagai tambahan, perusahaan yang terdaftar harus mempersiapkan laporan keuangan gabuangan dibawah undang-undang pertukaran dan sekuritas.

Metode poolng of interest(penyatuan saham) untu bisnis gabungan digunakan pada situasi tertentu saja dimana tidak ada perusahaan yang mengontrol perusahaan lainnya. Sebaliknya, bisnis gabungan dihitung karena pembelian. Goodwill dihitung denagan dasar harga pasar aset bersih yang didapatkan dan diamortisasi leih dari 20 tahun atau kurang serta subjek terhadap tes pertukaran nilai.

Cina

Ekonomi Cina saat ini digambarkan sebagai ekonomi hibrid, dimana negara mengontrol komoditas dan industri strategis, sementara industri lainnya, seperti perdagangan dan sektor swasta, ditubuhkan dengan sistem yang berorientasi pada pasar. Reformasi ekonomi yang terjadi menyangkut privatisasi, termasuk konversi dari perusahaan milik negara menjadi perusahaan saham-gabungan.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

Departemen keuangan mengeluaran Accounting Standards for Business Enterprise(ASBE), sebuah konsep kerangka kerja yang dirancang untuk menuntun perkembangan standar baru akuntansi yang pada akhirnya menyeragamkan praktik akuntansi Cina dengan praktik Internasional. Sebuah susunan ASBE telah dikeluarkan dengan pendekatan Big Bang mengenai konvergesi. ASBE baru ini terdiri dari stu ASBE dasar dan 38 pokok-pokok ASBE.

ASBE Cina-Standar Dasar :
  1. Ketentuan Umum
  2. Informasi Persayaratan Akuntansi Kualitatif
  3. Penjelasan Tiap Elemen
  4. Pengukuran Akuntansi
  5. Laporan Keuangan
Laporan Keuangan 

Periode pembukuan diminta sesuai dengan kalender tahunan. Laporan Keuangan terdiri ats :
  1. Neraca
  2. Laporan Laba rugi
  3. Laporan Arus Kas
  4. Laporan Perubahan Ekuitas
  5. Catatan
Patokan Akuntansi

Penggabungan usaha dicatat menggunakan metode pembelian. Goodwill adalah perbedaan antara biaya dan harga pasar aset dan kewajiban yang diakusisi. Metode ekuitas digunakan bagi investee memiliki pengaruh yang signifikan/ Metode ekuitas juga digunakan untuk menghitung usaha gabungan (Joint Venture).

India

Pertumbuhan ekonomi dibatasi oleh infrasturktur yang tidak memadai, hambatan birokrasi dan birokrasi berlebihan, kekuatan buruh pasar, dan korupsi. Infrastruktur yang kuran bisa diandalkan dan kurang bisa digunakan, khususnya listrik , dipandang oleh banyak kalangan sebagai salah satu terobosan yang paling penting untuk pertumbuhan masa depan. Birokrasi berlebihan juga membebankan biaya yang lebih besar pada bisnis di berbagai bagian negara. Pada akhirnya hukum buruh membebankan biaya ekstra.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

Akuntansi di India dipengaruhi oleh bangsa Inggris. Departemen Urusan Perusahaan pada tahun 1956 memperbaharui Akta Perusahaan yang berisikan Kitab Akuntansi. Menurut Akta tersebut, Kitab Akuntansi:
  • Harus memberikan sudut pandang yang adil dan sebenarnya menyangkut status urusan perusahaan.
  • Harus tetap pada basis akrual sesuai dengan sistem akuntansi pencatatan ganda.
Lembaga yang bertanggung jawab atas izin profesi Akuntansi, pengembangan standar dan audit adalah The Institute of Chartered Accoutant of India. Institut ini berencana mengadopsi IFRS secar penuh tanpa modifikasi. Standar Akuntansi India atau Indian Accounting Standard (AS) diterbitkan oleh Dewan Akuntansi Standar (Accounting Standards Board), Standar Asuransi dan Auditing atau Auditing Assurance Standards diterbitkan oleh Dewan Audit dan Asuransi Standar. Untuk pengawasan Pasar Modal dilakukan oleh Securities and Exchange Board of India (SEBI).


Pelaporan Keuangan

  1. Neraca Dua Tahun
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Laporan Arus Kas
  4. Kebijakan Akuntansi dan Catatan

Pengukuran Akuntansi

Tidak ada standar pembukuan dan penggabungan usaha, tetapi kebanyakan dari mereka dihitung sebagai pembelian. Akan tetapi, metode penyatuan bunga(pooling) digunakan sebai merger(Amalgamations). Goodwill berbeda antara perhitungan yang ada dan hasil jumlah aset dan hutang yang diperoleh.





Sumber: Buku Akuntansi Internasional(Buku 1 Edisi 6) Frederick D.S. Choi dan Gary K. Meek

 

 

 
 
 

 

No comments:

Post a Comment